DOMAIN PEMBELAJARAN KOGNITIF (Taksonomi Bloom)

Dalam merancang sistem pemblejaran, pembelajaran tersebut harus memperhatikan domain-domain yang ada pada tujuan pembelajaran tersebut. Menurut pendapat Benjamin S. Bloom dkk ada 3 domain yang terdapat pada tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik yaitu :

-      Kognitif, yaitu domain proses beripikir
-      Afektif, yaitu domain sikap atau perilaku
-      Psikomotor, yaitu domain keterampilan


Disini akan dijelaskan bagimana domain proses berpikir atau kognitif menurut Taksonomi Bllom. Berikut adalah tingkatan atau jenjang berdasarkan kata kerja yang ada





Tingkatan atau jenjang tersebut yaitu :



C-1 PENGETAHUAN
Tingkatan ini adalah tingkat yang paling awal, dimana pada jenjang ini seseorang dapat mengetahui atau mengenali sesuatu tanpa menggunakan fungsinya. Dengan begitu proses befiikir ini dikatakan tingkatan yang paling rendah.
Kata kerja nya : menyebutkan, menunjukkan, menggambarkan dan sebagainya
Contoh
1.   siswa mampu menyebutkan bilangan 1-100
2.   siswa mampu menunjukkan nama warna
3.   siswa mampu menggambarkan hewan berkaki empat

C-2 PEMAHAMAN
Tingkatan ini adalah jenjang pemahaman untuk mengukur seberapa jauh sesorang dapat mengerti atau mengingat sesuatu setelah ia mengetahinya. Seseorang diaggap mengerti apabila ia bisa menjelaskan sesuatu yang diketahui nya menggunakan kata-katanya sendiri
Kata kerjanya : memperkirakan, menjelaskan, membandingkan, menghitung dan sebagainya
Contoh
1.   siswa mampu menjelaskan proses terjadinya sistem reproduksi pada manusia
2.   siswa mampu membandingkan perbedaan budaya di Indonesia
3.   siswa mampu menghitung soal persamaan lingkaran

C-3 APLIKASI
Tingkatan ini adalah jenjang lanjutan dari pemahaman  dimana sesorang menggunakan  fungsi dari apa yang ia ketahui nya. Pengetahuan tersebut digunakan pada situasi nyata atau kehidupan sehari-hari
Kata kerjanya : membiasakan, menyesuaikan, memerlukan, menerapkan, mencegah dan sebagainya
Contoh
1.   siswa mampu mencegah terjadinya banjir
2.   siswa mampu menyesuaikan etika yang baik ketika bersosial

C-4 ANALISIS
Tingkatan ini adalah jenjang dimana meliah kemampuan seseorang dalam menguraikan sesuatu yang telah ia pahami dan gunakan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, serta hubungan yang terdapat di antara bagian-bagian tersebut.
Kata kerjanya : menganalisis, merinci, merasionalkan, menegaskan, mendeteksi dan sebagainya.
Contoh
1.   siswa mampu menganalisis pengetahuan-pengetahuan yang sekiranya penting di kehidupan sehari-hari
2.   siswa mampu merinci point-point penting dari sebuah pengetahuan
3.   siswa mampu merasionalkan pengetahuan di kehidupa nyata

C-5 EVALUASI
Tingkatan ini adalah jenjang dimana kemampuan seseorang dalam membuat penilaian di dalam suatu kondisi dengan pilihan yang beragam tanpa melupakan kriteria-kriteria yang telah ia pahami sebelumnya. Jenjang ini merupakan proses berpikir tertinggi di dalam taksonomi Bloom.
Kata kerjanya : menilai, menyimpulkan, mengkritik, mempertimbangkan dan sebagainya.
Contoh :
1.   siswa mampu menyimpulkan hasil diskusi presentasi kelompok
2.   siswa mampu mengkritisi sesuatu perbuatan yang tidak benar
3.   siswa mampu mempertimbangkan mengambil keputusan

C-6 SINTESIS
Sintesis adalah proses berpikir yang memadukan bagian-bagian yang telah dibahas pada jenjang analisis menjadi suatu pola baru secara logis dan terstruktur.
Kata kerjanya : mengatur, menganimasi, membangun, mengarang, dan sebagianya.
Contoh
1.   siswa mampu menganimasi suatu proses dengan spesifik
2.   siswa mampu mengarang suatu karangan cerita masyarakat melalui megngumpulkan informasi-informasi

ESGI AFRISTA NOVRIANTO
1101617045
TPC

Komentar