PEMBELAJARAN SEBAGAI SISTEM




Dikatakan sebagai sistem apabila ada unsur umpan balik
Sistem bisa berupa apa saja ; benda, peristiwa, kejadian atau cara yang terorganisasi yang terdiri dari atas bagian-bagian yang leih kecil dan seluruh  beagian terebut secara bersama-sama berfungsi untuk mencapai tujuan
Bisa dikatakan sistem apabila
1.      Dibagi menjadi bagian-bagian lebih kecil
2.      Setiap kegiatan tesebut mempunyai fungsi tersendiri
3.      Seluruh bagian itu melakukan fungsi secara bersama
4.      Fungsi bersama yang dilakukan mampunyai suatu tujuan tertentu
Suatu pembelajaran menggunakan sistem harus adanya umpan balik, karena umpan balik tersebut untuk mendeteksi tercapai atau tidak suatu sistem pembelajaran yang digunakan. Berikut adalah komponen yang ada pada sebuah sistem pembelajaran:

MASUKAN
Masukan yaitu komponen-komponen awal agar terjadinya suatu proses pembelajaran yang terprogram dan terarah.
-Kurikulum, adanya kurikulum ini adalah untuk menuntun guru dalam mengajar agar suatu pembelajaran terarah dan mempunyai patokan standar kompetensi yang harus dicapai agar pembelajaran menjadi sistematis.
-Peserta, yaitu adanya peserta yang akan diajar atau dididik dalam sebuah pembelajaran. Peserta pembelajaran yang dimaksud disini adalah siswa.
-Instruktur, yaitu orang atau pengajar yang memiliki kompetensi pada bidang tertentu untuk memberikan materi. Instruktur atau pengajar yang dimaksud disini adalah guru. Dalam proses pembelajaran guru mengikuti kurikulum yang ada agar proses pembelajaran terarah dan sesuai dnegan standar kompetensi yang ditentukan,
-Sarana dan Prasarana, yaitu alat-alat atau bahan-bahan yang digunakan dalam menujang terjadinya proses pembelajaran. Terkadang sarana dan prasarana ini sering menjadi faktor penyebab terjadinya proses pembelajaran terhambat. Karena kurang nya sarana dan prasarana yang tepat dalam proses pembelajaran

PROSES
-Materi, yaitu bahan ajar tertentu yang akan disampaikan kepada siswa oleh pengajar. Materi tesebut juga harus sesuai dengan kebutuhan siswa dan sesuai dengan standar kompetensi yang ada pada kurikulum.
-Metode, yaitu cara yang digunakan dalam penyampaian materi, menggunakan metode bagaimanakah dalam menyampaikan materi dengan cara yang tepat.
-Media, yaitu alat yang digunakan dalam penyampaian materi. Media ini bisa dikatakn sebagai media pembelajaran bagaimana cara menjelaskan sesuatu yang abstrak agar menjadi jelas yaitu dengan pemilihian media yang sesuai dan tepat.
-Evaluasi, yaitu penilaian atas semua proses dan pemilihan media metode apakah sudah sesuai dna tepat untuk digunakan, kembali lagi kepada tujuan awal proses pembelajaran, apakah dengan proses tersebut tujuan pembelajaran sudah tercapai apa belum

KELUARAN     
Peserta dengan kompetensi tertetu

Setelah adanya masukan dan proses yang dikolaborasikan dengan tepat maka menghasilkan sebuah keluaran yaitu pada peserta dengan kompetensi tertentu. Dengan adanya sistem pembelajaran yang telah dilakukan dapat menghasilkan peserta dengan kompetensi tertentu. Mulai dari perubahan perilaku, menambah pengetahuan, ataupun peubahan sikap peserta.

KESIMPULAN

Setiap komponen dalam sistem satu sama lain harus saling bekerja sama untuk mencapai tujua atau kompetensi yang telah ditetapkan sebelumnya. Jadi semua komponen berkontribusi, tidak ada komponen yang menonjol atau berjalan sendiri, dan intinya harus saling bekerja sama.

Esgi Afrista Novrianto
1101617045
TP C

Komentar