Dikatakan sebagai
sistem apabila ada unsur umpan balik
Sistem bisa
berupa apa saja ; benda, peristiwa,
kejadian atau cara yang terorganisasi yang terdiri dari atas bagian-bagian
yang leih kecil dan seluruh beagian
terebut secara bersama-sama berfungsi untuk mencapai tujuan
Bisa dikatakan
sistem apabila
1.
Dibagi
menjadi bagian-bagian lebih kecil
2.
Setiap
kegiatan tesebut mempunyai fungsi tersendiri
3.
Seluruh
bagian itu melakukan fungsi secara bersama
4.
Fungsi
bersama yang dilakukan mampunyai suatu tujuan tertentu
Suatu pembelajaran
menggunakan sistem harus adanya umpan balik, karena umpan balik tersebut untuk
mendeteksi tercapai atau tidak suatu sistem pembelajaran yang digunakan. Berikut
adalah komponen yang ada pada sebuah sistem pembelajaran:
MASUKAN
Masukan yaitu
komponen-komponen awal agar terjadinya suatu proses pembelajaran yang
terprogram dan terarah.
-Kurikulum, adanya kurikulum ini adalah
untuk menuntun guru dalam mengajar agar suatu pembelajaran terarah dan
mempunyai patokan standar kompetensi yang harus dicapai agar pembelajaran
menjadi sistematis.
-Peserta, yaitu adanya peserta yang akan diajar
atau dididik dalam sebuah pembelajaran. Peserta pembelajaran yang dimaksud
disini adalah siswa.
-Instruktur, yaitu orang atau pengajar yang
memiliki kompetensi pada bidang tertentu untuk memberikan materi. Instruktur atau
pengajar yang dimaksud disini adalah guru. Dalam proses pembelajaran guru
mengikuti kurikulum yang ada agar proses pembelajaran terarah dan sesuai dnegan
standar kompetensi yang ditentukan,
-Sarana dan Prasarana, yaitu alat-alat atau bahan-bahan
yang digunakan dalam menujang terjadinya proses pembelajaran. Terkadang sarana
dan prasarana ini sering menjadi faktor penyebab terjadinya proses pembelajaran
terhambat. Karena kurang nya sarana dan prasarana yang tepat dalam proses
pembelajaran
PROSES
-Materi, yaitu bahan ajar tertentu yang
akan disampaikan kepada siswa oleh pengajar. Materi tesebut juga harus sesuai
dengan kebutuhan siswa dan sesuai dengan standar kompetensi yang ada pada kurikulum.
-Metode, yaitu cara yang digunakan dalam
penyampaian materi, menggunakan metode bagaimanakah dalam menyampaikan materi
dengan cara yang tepat.
-Media, yaitu alat yang digunakan dalam
penyampaian materi. Media ini bisa dikatakn sebagai media pembelajaran
bagaimana cara menjelaskan sesuatu yang abstrak agar menjadi jelas yaitu dengan
pemilihian media yang sesuai dan tepat.
-Evaluasi, yaitu penilaian atas semua
proses dan pemilihan media metode apakah sudah sesuai dna tepat untuk digunakan,
kembali lagi kepada tujuan awal proses pembelajaran, apakah dengan proses
tersebut tujuan pembelajaran sudah tercapai apa belum
KELUARAN
Peserta dengan kompetensi tertetu
Setelah adanya
masukan dan proses yang dikolaborasikan dengan tepat maka menghasilkan sebuah
keluaran yaitu pada peserta dengan kompetensi tertentu. Dengan adanya sistem
pembelajaran yang telah dilakukan dapat menghasilkan peserta dengan kompetensi
tertentu. Mulai dari perubahan perilaku, menambah pengetahuan, ataupun peubahan
sikap peserta.
KESIMPULAN
Setiap komponen
dalam sistem satu sama lain harus saling bekerja sama untuk mencapai tujua atau
kompetensi yang telah ditetapkan sebelumnya. Jadi semua komponen berkontribusi,
tidak ada komponen yang menonjol atau berjalan sendiri, dan intinya harus
saling bekerja sama.
Esgi Afrista Novrianto
1101617045
TP C
Komentar
Posting Komentar