“Mahasiswa Mengembangkan Pendidikan Yang Berkualitas ”

“Mahasiswa Mengembangkan Pendidikan Yang Berkualitas ”
Mahasiswa adalah fase manusia yang paling optimal dan generasi yang selalu berpikir kritsis dan logis. Mahasiswa diciptakan untuk menjadi generasi yang berkulitas yang nanti nya akan berperan sangat penting untuk negara kitan Indonesia. Dengan demikian, diperlukannya berfikir kritis untuk menghadapi segala kesenjangan yang ada di negara Indonesia. Di indonesia ini sangat banyak sekali permasalahan ekonominya tertutama pada bidang pendidikan. Peran mahasiswa lah disini dibutuhkan untuk memberi peningkatan terhadap mutu pendidikan yang ada di Indonesia ini.
Pendidikan merupakan suatu aspek yang paling penting pada sebuah bangsa dan negara, dengan memiliki pendidikan yang berkualitas dan berkarakter, sebuah negara mampu memajukan kehidupan bangsa melalui pendidikan itu sendiri. Karena dengan adanya pendidikan yang berkualitas akan menciptakan manusia-manusia yang berkualitas juga yang dapat mengelola peradaban bangsa dan negara dengan baik dan optimal. Dengan adanya sumber daya manusia yang berkualitas, negara dapat dengan mudah mengatasi masalah-masalah yang ada di negara ini.
Peran dan fungsi mahasiswa lah disini yang seharusnya diterapkan sebagasi solusi di bidak pedidikan ini. Dengan mengamalkan PFM, mahasiswa bisa membuat suatu pemikiran dan rekonstruktif dan solutif terhadap permasalahan seputar pendidikan di Indonesia ini. Buah pikiran tersebut dapat disumbangkan kepada pihak-piha terkait. Selain itu mahasiswa bisa melakukan kontorol terhadap kebijakam-kebijakan pemerintah yang ditetapkan dalam dunia pendidikan. Dengan demikian, komunikasi antar mahasiswa, masyarakat dan pemerintah dpaat berjalan dengan baik dengan menghasilkan suatu solusi bagi kebuntuuan permasalahan pendidikan yang ada di Indonesia
            Mahasiswa sebagai generasi intelektual hanya bisa dihargai eksistensinya dengan kualitas intelektualnya pula, bukan dengan hal lainnya. Jika mahasiswa sudah tidak lagi bisa mengandalkan kecemerlangan intelektualnya, maka kemampuan lain apa yag bisa dipertaruhkan mahasiswa bagi negara ini. Oleh karena itu mahasiswa memiliki kontribusi yang besar terhadap peningkatan mutu pendidikan bangsa. Kontribussi itu yaitu meliputi :
1.      Pengembangan diri sendiri
Mahasiswa mengawalinya dengan mengembangkan potensi yang ada pada dalam dirinya, mengembangkan pola pikir secara rekosntruktif dan solutif sebagai bentuk mendasar terhadap peduli pada sistem pedidikan di Indonesia
2.      Melakukan kontrol terhadap kebijakan pemerintah
Mahasiswa mengkontrol serta menganalisis segala kebijakan pemerintah  dalam sistem pendidikan Indonesia yang digunakan.
3.      Memenuhi kebutuhan dan peran mahasiswa dalam sistem pendidikan
Dalam hal ini mahasiswaa turun langsung menggunakan peran meraka sebagai mahasiswa untuk peduli terhadap pendidikan Indonesia. Seperti:
·         Memberikan suatu prestasi dalam diri sendiri untuk Indonesia
·         Memberikan pembelajaran untuk anak-anak yang tidak terjangkau pendidikannya
·         Memberikan ide-ide baru untuk meningkatan sistem pendidikan.
Dengan menerapkan usaha-usaha seperti itu, diharapkan mahasiswa benar-benar berperan dalam perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia guna menciptakan negara dan bangsa yang maju dengan melalui bidang pendidikan. Indonesia tidak butuh wacana untuk berubah. Indonesia butuh peubah, entitas yang dapat mengubah keterpurukan menjadi kemakmuran untuk semua rakyat Indonesia. Mahasiswa harus mampu menjadi entitas peubah itu, demi menciptakan sistem pendidikan yang berkualitas. Karena dengan adanya pendidikan yang berkualitas dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas juga. Dengan sumber daya manusia yang berkualiatas dapat menciptakan negera dan bangsa yang maju. Dengan adanya negara dan bangsa yang maju maka akan menciptakan kemakuran untuk seluruh rakyat Indonesia. Dengan demikian mahasiswa mempunyai peran dan fungsi yang sangat amat penting untuk mengubah sistem pendidikan yang ada di Indonesia.


NAMA           : ESGI AFRISTA NOVRIANTO
NIM                : 1101617405
PRODI           : TEKNOLOGI PENDIDIKAN
BIO                 : Esgi anak pertama dari dua bersaudara, lahir 23 November 1999 Asal sekolah SMK NEGERI 10 Jakarta jurusan Administrasi perkantoran, tinggal di Jalan Cipinang Bali rt 004/rw 003 no E 11 keluarahan cipinang melayu kecamatan makasar jakarta timur.

Komentar

Posting Komentar